Berbagi Sumber Belajar untuk Mitra Pembangunan

Dalam mengembangkan pembelajaran aktif bermakna yang berorientasi pada siswa.

Laporan

Laporan tentang kemajuan Program PINTAR dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

Laporan dan Penelitian
Laporan Tahunan Program PINTAR 2021
Laporan ini menginformasikan kegiatan Program PINTAR selama masa pandemi, khususnya untuk membantu anak-anak belajar dari rumah.
Selengkapnya
Laporan dan Penelitian
Booklet Program PINTAR – Bahasa
Sejak 2010, Tanoto Foundation mendukung peningkatan kualitas pendidikan dasar melalui Program Pelita Pendidikan yang kini bertransformasi menjadi Program PINTAR untuk meningkatkan dampak.
Selengkapnya

Penelitian

Laporan hasil penelitian yang dilakukan Program PINTAR, seperti baseline (data dasar), hasil survei, dan hasil pemantauan dan evaluasi.

Penelitian
Hasil Studi Dokumentasi Inovasi Pendidikan dan Praktik Baik Pemerintah Daerah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Studi dokumentasi inovasi pendidikan atau praktik baik pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan oleh Tanoto Foundation bertujuan untuk mengetahui berbagai regulasi atau kebijakan pemerintah daerah di seluruh wilayah kerja Tanoto Foundation dalam mendukung PJJ dan mengetahui bentuk-bentuk inisiatif pemerintah daerah bersama seluruh aktor yang terlibat dalam mengimplementasikan inovasi pendidikan/praktik baik yang… Lanjutkan membaca Hasil Studi Dokumentasi Inovasi Pendidikan dan Praktik Baik Pemerintah Daerah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
Selengkapnya

Video Program

Video kegiatan dan praktik baik dari Program PINTAR dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Video
Inspirasi dari Bumi Lancang Kuning
Video ini mengisahkan perjuangan Ibu Mardiyati, guru SMPN 4 Sungai Apit, Siak, Riau yang berupaya meningkatkan kapasitas diri dengan mengikuti pelatihan Program PINTAR Tanoto Foundation untuk menyediakan pembelajaran berkualitas bagi para siswanya.
Selengkapnya

Artikel Program

Artikel kegiatan dan berbagi pengalaman dari Program PINTAR dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Artikel
Pentingnya Peran Guru dalam Membangun Atmosfir Lingkungan Positif melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Oleh : Kurniasih, S.Pd Guru SMPN 5 Kisaran, Fasilitator Daerah Pembelajaran Matematika Program Pintar dan Pengajar Praktik guru penggerak Kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan murid, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap individu. Keberagaman dari setiap individu murid harus selalu diperhatikan, karena setiap… Lanjutkan membaca Pentingnya Peran Guru dalam Membangun Atmosfir Lingkungan Positif melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Selengkapnya
Artikel Praktik Baik
Mengembangkan  Keterampilan Berinteraksi Positif lewat Program Bercerita untuk Adik Kelas
Sekolah merupakan wadah atau tempat untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri siswa agar tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter serta sukses di kehidupannya di masa depan. Salah satu potensi siswa  yang perlu untuk  dikembangkan adalah keterampilan berinteraksi positif. Interaksi dapat diartikan sebagai sebuah tindakan atau hubungan timbal balik antara dua objek atau lebih secara dinamis,… Lanjutkan membaca Mengembangkan  Keterampilan Berinteraksi Positif lewat Program Bercerita untuk Adik Kelas
Selengkapnya
Artikel
Tanoto Foundation Luncurkan E-PINTAR untuk Digitalisasi Pelatihan Guru
Untuk mendorong pengembangan kapasitas dan kualitas sekolah secara berkelanjutan, Program PINTAR Tanoto Foundation meluncurkan program pelatihan berbasis digital Learning Management System (LMS) yang diberi nama e-PINTAR. Peserta program pelatihan tersebut, dengan menggunakan platform LMS, dapat berlatih secara mandiri mengembangkan pembelajaran aktif dalam pembelajaran tatap maya atau tatap muka.
Selengkapnya

eBerita Pintar

Kompilasi bulanan pemberitaan praktik baik dan gagasan dari guru, kepala sekolah, orang tua dan dosen mitra. Program PINTAR yang dipublikasikan di media massa.

eBerita PINTAR
Edisi Maret 2022
Kurikulum Merdeka dan Kemerdekaan dalam Supervisi
Melalui peluncuran Kurikulum Merdeka, pandangan terhadap supervisi perlu diubah. Guru dan kepala sekolah perlu menyamakan persepsi bahwa supervisi bukan hanya tindakan korektif terhadap pembelajaran. Supervisi justru dapat digunakan sebagai kegiatan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Temukan praktik baik dan gagasan para guru, kepala sekolah, orang tua, dan dosen mitra Program PINTAR Tanoto Foundation dalam menyediakan… Lanjutkan membaca Edisi Maret 2022
Kurikulum Merdeka dan Kemerdekaan dalam Supervisi
Selengkapnya
eBerita PINTAR
Edisi Februari 2022
Kala Siswa Ditantang Hadirkan Sains dalam Karya Sastra
Mengonversi hasil penelitian di laboratorium ke dalam karya sastra membawa tantangan baru bagi siswa SMPN 11 Batanghari, Jambi. Mereka tertantang meraciknya ke dalam narasi yang menarik lewat cerita pendek. SDN Mangkang Kulon 02, Kota Semarang, Jawa Tengah melatih siswanya berwirausaha dengan memanfaatkan lahan kosong. Temukan praktik baik dan gagasan para guru, kepala sekolah, orang tua,… Lanjutkan membaca Edisi Februari 2022
Kala Siswa Ditantang Hadirkan Sains dalam Karya Sastra
Selengkapnya
Tak Berkategori
Edisi Januari 2022
Tanoto Foundation dan SDGs HUB UI Lahirkan 15 SDGs Champions
Tanoto Foundation berkolaborasi dengan Sustainable Development Goals (SDGs) HUB dan LPEM FEB Universitas Indonesia melahirkan 15 kabupaten/kota sebagai SDGs Champions dalam menyusun peta jalan pendidikan berkualitas yang berkelanjutan di daerahnya masing-masing. Guru SMPN 3 Bontang, Kalimantan Timur berbagi pengalaman membuat kelas digital dalam pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Sementara MIS Al-Afkari Mursal, Sumatra Utara mengadakan… Lanjutkan membaca Edisi Januari 2022
Tanoto Foundation dan SDGs HUB UI Lahirkan 15 SDGs Champions
Selengkapnya