Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!

Dari Juni hingga September 2021, Tanoto Foundation menyelenggarakan pelatihan video untuk kepala sekolah dan guru di 128 sekolah yang tersebar di Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Paser, dan Kutai Kartanegara. Dalam pelatihannya, guru mengemas bagaimana menerjemahkan skenario pembelajaran dan lembar kerja siswa ke dalam skrip pembelajaran aktif yang dipaparkan dalam 6 fakta menarik untuk menunjang keaktifan dan pemikiran kritis siswa.

Sasmiati, S.Pd mengisi pembelajaran Kukar Cerdas.

Berbagai cara variatif dalam pembelajaran dapat dilakukan oleh guru, salah satunya dengan video. Lina Revilla Malik, M.Si, dosen di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhhamad Idris Samarinda dan mahasiswanya, Cici Ariyani melihat tren video pembelajaran dilakukan selama masa pandemi.

Menggunakan video dalam pembelajaran dapat dinyatakan sebagai pembelajaran yang kreatif dan inspiratif, serta menyenangkan bagi para pelajar. Dengan pendekatan yang menarik ini, maka diharapkan siswa dapat semangat dan bersenang-senang dalam masa proses pembelajaran. Nah, inilah fakta menarik dari video pembelajaran!

1. Skrip Video Kunci Pembuatan Video Pembelajaran


Ternyata tidak hanya produser atau penulis saja yang menulis skrip dalam pembuatan video, guru juga menulis skrip dalam merencanakan durasi dan visualisasi dalam video.

Disini guru merencanakan indentifikasi kebutuhan foto, video, dan audio yang diperlukan dalam video. Selain itu skrip dijadikan peta atau acuan dalam pengeditan video.

2. Jenis Video yang Disukai Siswa


Dari pengalaman selama 1 tahun 8 bulan ini, siswa dinyatakan lebih menyukai video yang bebentuk horizontal dan berdurasi pendek (5-10 menit) dengan visual yang menarik.

Guru disarankan memperhatikan elemen-elemen video, yaitu pencahayaan, komposisi video, kejelasan suara, dan suara latar belakang. Elemen ini menentukan ketertarikan sebuah video.

3. Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa


Selama proses pembelajaran jarak jauh ini kebanyakan siswa merasa jenuh, salah satu faktornya adalah mungkin terlalu banyak tugas yang telah diberikan. Dengan hadirnya media pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan mencakup cuplikan komentar semangat dari guru.

4. Video Jalan Efektif Menyediakan Materi Pembelajaran


Dengan video, para siswa tetap merasa dekat dengan gurunya. Karena, video satu-satunya format komunikasi yang dapat menampilkan wajah ibu guru dan suara ibu gurunya. Sehingga siswa yang terbiasa diajarkan wali kelasnya, akan tetap merasa dekat dengan gurunya. Dengan selalu merasa dekat dengan guru, siswa nyaman untuk menonton ulang video tersebut untuk memperdalam materi.

5. Video dapat Menjadi Media Pembelajaran Aktif


Dari Juni hingga September 2021, Tanoto Foundation menyelenggarakan pelatihan video untuk kepala sekolah dan guru di 128 sekolah yang tersebar di Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Paser, dan Kutai Kartanegara. Dalam pelatihan, guru mengemas bagaimana menerjemahkan skenario pembelajaran dan lembar kerja siswa ke dalam skrip pembelajaran aktif. Dalam skrip video pembelajaran aktif, guru mendesain video yang memancing siswa berpikir kritis.

6. Beragam Aplikasi Editing untuk Membuat Video


Dengan tingginya kebutuhan video dalam pembelajaran, sekarang banyak juga aplikasi editing yang dapat digunakan, seperti kinemaster, VN video editing, dan Filmora. Aplikasi editing ini dapat digunakan para guru dalam meramu video pembelajaran aktif. Melalui aplikasi video ini guru dapat membuat visual video menjadi lebih menarik, sehingga guru dapat menambahkan suara latar dan teks untuk memperkuat pesan pembelajaran.

Dengan mengacu dari beberapa fakta diatas, guru dapat membuat pembelajran melalui video dengan maksimal dan mandiri. Sangat menarik buakn? Maka apakah kalian juga menggunakan video pembelajaran dalam membantu proses belajar di masa pandemi saat ini?

Artikel ini telah dipublikasikan oleh IDN TIMES dengan judul “Video Pembelajaran Sekolah Makin Diminati, Ini 6 Fakta Menariknya!“, https://www.idntimes.com/life/education/program-pintar/video-pembelajaran-sekolah-makin-diminati-c1c2.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.