Percobaan Membuktikan Hukum 1 Newton

Percobaan Membuktikan Hukum 1 Newton

Siswa sedang membuktikan implementasi Hukum 1 Newton.

Siswa sedang membuktikan implementasi Hukum 1 Newton.

 

Batang Hari, Jambi – Hukum 1 Newton menyebut setiap benda akan memperta­hankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya. lbu Supri­hartini guru IPA SMPN 3 Batang Hari, memfasilitasi siswa kelas VIII bereks­primen membuktikan Hukum 1 Newton.

Mereka meletakkan empat buah telur di atas empat gulungan kertas karton yang dieratkan dengan solasi plastik. Tingginya 15 cm dan diameternya disesuaikan dengan ukuran telur sehingga telur tersebut bisa diletakkan dengan posisi tegak lurus.

Siswa juga mendapat empat buah gelas kaca berisi air, selembar kertas karton berukuran 30 x 40 cm yang diletakkan di atas gelas dan menopang gulungan kertas karton yang di atasnya diletakkan telur. Siswa melakukan percobaan dengan menarik kertas karton dengan dua cara, yaitu ditarik secara cepat dan secara pelan. Setiap hasil percobaan diamati dan dianalisa sampai mereka bisa menarik kesimpulan dari percobaan itu.

Saat kertas karton ditarik cepat secara horizontal, empat telur yang berada di atas empat gulungan kertas karton jatuh tepat di gelas yang ada di bawahnya. “Jika kertas ditarik cepat secara horizontal maka telur akan jatuh tepat di bawah gelas sesuai posisi telur tersebut. Hal ini sesuai prinsip Hukum 1 Newton,” kata siswa dalam presentasinya.

Berdasar presentasi siswa tersebut, Bu Suprihartini memberi penguatan, “Hal ini seperti pengendara sepeda motor yang tiba-tiba mengerem, maka badan pengendara akan terdorong ke depan dan akan kembali ke posisi semula.” Pembelajaran ini juga dapat dilihat melalui video dengan tautan berikut. VIDEO

FOKUS PROGRAM