Pembelajaran Aktif Tanoto Foundation Berbuah Manis, Sri Mulyati Juarai Kompetisi Video

Pembelajaran Aktif Tanoto Foundation Berbuah Manis, Sri Mulyati Juarai Kompetisi Video

Samarinda – Pembelajaran jarak jauh memberikan ruang kreasi bagi semua guru ditengah pandemi Covid-19 yang tidak bisa langsung berinteraksi dengan para muridnya di sekolah.

Salah satunya Sri Mulyani yang merupakan wali kelas 2 SDN 007 Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Bagi Sri menggunakan YouTube mengajarkan pecahan ½ kepada siswanya agar siswa dapat memahami mana yang pecahan ½ dan mana yang bukan pecahan ½ .

Awalnya, Sri membagikan tautan YouTube di WhatsApp Group (WAG). Dalam video itu, Sri menjelaskan dengan simpel menggunakan ilustrasi sebuah kue. Sri membagi kue itu menjadi dua dan menyebutnya setengah atau satu per dua. Satu sebagai pembilang dan dua sebagai penyebut.

Setelah penjelasan tersebut, Sri memberi penugasan kepada siswa untuk memberi centang pada gambar yang menunjukkan pecahan ½. Para siswa mengumpulkan di WAG.

“Pembelajaran pecahan relatif mudah dimengerti karena pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari, walaupun jarak jauh, saya memastikan unsur pembelajaran aktif MIKiR yang diusung Tanoto Foundation diterapkan,” tutup Sri. Muhammad Anwar Asfa Sholih menjawab dua soal pertama dengan benar, karena bagian yang diarsir setengah.

Diketahui, Video yang diunggah di YouTube ini mendapatkan juara 8 pada kompetisi video yang dilakukan oleh Penerbit Nasional Erlangga.

Yuk, simak pembelajaran pecahan untuk siswa kelas 2 oleh Sri Mulyani: Warta Kaltim

FOKUS PROGRAM