Mudahnya Belajar Skala dengan Pengukuran Langsung

Mudahnya Belajar Skala dengan Pengukuran Langsung

Para siswa secara berkelompok praktik mengukur kelas dan menggambarkan hasilnya pada dua skala yang berbeda.

Para siswa secara berkelompok praktik mengukur kelas dan menggambarkan hasilnya pada dua skala yang berbeda.

Oleh Diannita Ayu Kurniasih; Guru Kelas VB SDN 2 Sukorejo

Kendal, Jawa Tengah – Pembelajaran perbandingan skala di kelas VB SDN 2 Sukorejo, saya lakukan dengan menggunakan sumber belajar yang ada di kelas (17/9). Hasil evaluasi seminggu sebelumnya, pada materi yang sama dengan siswa yang berbeda, siswa masih terpancang pada rumus skala, jarak pada denah atau peta, dan jarak sebenarnya. Siswa masih belum memahami cara menggunakan skala dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya mengajak siswa untuk menggambar berskala dengan mengukur ukuran sebenarnya. Setelah itu mereka diminta menyajikannya dalam gambar berskala. Caranya, siswa diminta untuk mengukur panjang dan lebar ruangan kelas menggunakan penggaris.

Kegiatan dilanjutkan dengan menginterpretasikan hasil pengukuran dengan menggunakan dua contoh skala, yaitu skala 1:100 dan skala 1:50.

Hasil penghitungan yang mereka lakukan secara berkelompok, menunjukkan bahwa ukuran pada denah akan menemui perbedaan jika menggunakan skala yang berbeda. Ukuran panjang dan lebar ruang kelas hasil diskusi, mereka gambarkan pada kertas kerja. Contohnya, panjang ruang kelas 600 cm maka pada skala 1:100 mereka menghitung panjang ruang kelas pada gambar menjadi 6 cm. Sedangkan pada skala 1:50, panjang ruang kelas pada gambar menjadi 12 cm.

Kegiatan selanjutnya adalah mengukur panjang papan tulis, kemudian menuliskannya dalam sebuah gambar berskala seperti yang mereka lakukan ketika mengukur panjang dan lebar ruang kelas, dengan bantuan guru tentunya. Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mengukur berbagai ukuran dalam kelas mulai dari ukuran panjang dan lebar kelas, serta ukuran panjang papan tulis, meja guru, dan meja kelompok. Setelah itu siswa menghitung ukuran ruang kelas dengan menggunakan skala yang ditentukan sehingga menghasilkan ukuran baru pada denah.

Hasil dari pembelajaran ini, siswa menjadi lebih mengenal konsep skala dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga dapat memahami mengapa dengan skala yang lebih kecil, gambar yang dihasilkan semakin besar. Dampak lainnya adalah, siswa dapat mencari jarak pada denah jika jarak sebenarnya dan skala sudah ditentukan.

“Saya jadi tahu, kalau skala yang kita gunakan lebih kecil, gambar yang kita buat menjadi semakin besar,” ujar Olla  siswa kelas VB.

FOKUS PROGRAM