MIKiR Dipublikasikan di Jurnal Internasional

MIKiR Dipublikasikan di Jurnal Internasional

Perwakilan kelompok mahasiswa mempresentasikan laporan hasil pengamatan morfologi hewan vertebrata.

Tampilan depan judul dan abstrak di Journal of Physics: Conference Series
yang mempublikasikan MIKiR yang diterapkan oleh dosen UNRI.

 

Pekanbaru, Riau – MIKiR atau unsur pembelajaran aktif yang terdiri dari mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi, yang dikembangkan Program PINTAR Tanoto Foundation, dipublikasikan di Journal of Physics: Conference Series. Penerapan MIKiR tersebut diteliti dan ditulis oleh empat dosen Universitas Riau (UNRI) yang diketuai Mahmud Aplusari, yang juga fasilitator nasional Tanoto Foundation.

Para dosen tersebut menerapkan MIKiR pada perkuliahan konsep dasar IPA 2 untuk mahasiswa PGSD. Kompetensi dasarnya adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasi hewan invertebrata dan vertebrata yang diterapkan melalui MIKiR. Perkuliahan dan penelitian ini difokuskan pada hewan vertebrata.

Kegiatan penelitian ini melibatkan 120 mahasiswa yang terdiri dari tiga kelas. Penelitian dimulai Februari 2019 sampai Mei 2019. Alat dan bahan yang digunakan yaitu katak, ikan lele, ikan nila, cecak, gambar burung, dan papan bedah, yang jumlahnya masing-masing tujuh.

 

Penerapan MIKiR dalam Perkuliahan

Langkah pembelajaran kegiatan perkuliahan dengan unsur MIKiR ini diawali dengan kegiatan apersepsi. Dosen memberi pertanyaan kepada mahasiswa tentang hewan vertebrata yang diamati. Pertanyaannya mulai dari apa nama hewan–hewan yang diamati, perbedaan ikan bersisik dan tidak bersisik, sampai pertanyaan mengapa hewan tersebut dimasukkan hewan vertebrata. Ketika dosen memunculkan masalah tersebut, mahasiswa membuat rumusan hipotesis.

“Semua hewan yang diamati termasuk hewan vertebrata karena memiliki tulang belakang,” demikian salah satu hipotesis yang dibuat kelompok.

Setelah menyimak penjelasan singkat dosen tentang vertebrata, mahasiswa mengamati hewan yang sudah mereka bawa. Pada kegiatan mengalami ini, mahasiswa ditugaskan untuk mengamati morfologi dan menemukan termasuk kelas apakah hewan tersebut.

Dengan menggunakan lembar kerja mahasiswa (LKM), mereka mengamati ciri-ciri morfologi hewan vertebrata, seperti bagaimana bentuk ikan bersisik, tidak bersisik, jenis kelamin, jumlah sirip, dan morfologi lainnya.

Pengamatan ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 6-7 mahasiswa. Pada saat melakukan pengamatan, mahasiswa juga saling berdiskusi dengan teman satu kelompoknya. Disinilah tercermin unsur interaksi.

Mahasiswa juga mengukur panjang hewan dengan alat pengukur dan menggunakan berbagai macam alat dan bahan untuk mendapatkan data sebagai acuan pembuatan laporan. Setelah melakukan pengamatan dan mengumpulkan data, mereka membuat laporannya.

Unsur komunikasi, tercermin dari kegiatan presentasi mahasiswa tentang hasil pengamatan dan temuan yang telah dilakukan secara bergantian. Perwakilan kelompok yang berpresentasi menunjukkan langsung objek yang diamati.

“Morfologi ikan nila dengan ciri-ciri bentuk tubuh bulat pipih, punggung lebih tinggi, pada badan dan sirip ekor ditemukan garis lurus (vertikal). Pada sirip punggung ditemukan garis lurus memanjang. Ikan Nila dapat hidup diperairan tawar dan mereka menggunakan ekor untuk bergerak, sirip perut, sirip dada dan penutup insang yang keras untuk mendukung badannya,” jelas salah satu mahasiswa dalam presentasinya. Setelah menyimak presentasi, mahasiswa lainnya diminta menanggapi dan memberi pertanyaan.

Kemudian sebagai penutup, mahasiswa melakukan kegiatan refleksi. Dari sini dapat diketahui mahasiswa merasa perkuliahan dengan MIKiR jadi lebih asyik. “Dengan penerapan MIKiR saya diberi kesempatan mengamati dan mengeksplor materi perkuliahan dengan melihat langsung bagian morfologi vertebrata. Proses pembelajarannya juga tidak monoton. Kami lebih interaktif dan komunikatif,” kata Ismi Taufik salah seorang mahasiswa.

Hasil perkuliahan dengan MIKiR tersebut ditulis oleh Mahmud dan kawan-kawan, dan dipublikasikan di jurnal yang bisa diakses melalui link http://bit.ly/IOPSCIENCE. Penerbitan MIKiR di jurnal internasional ini memperkaya contoh penerapan MIKiR dalam pembelajaran yang bisa menjadi referensi dan dikembangkan lebih lanjut.

Perwakilan kelompok mahasiswa mempresentasikan laporan hasil pengamatan
morfologi hewan vertebrata.

 

FOKUS PROGRAM