IAIN Samarinda Buat Calon Guru Membaca 30 Buku Persemester

IAIN Samarinda Buat Calon Guru Membaca 30 Buku Persemester

Arsinah Sadar dosen IAIN Samarinda, Kalimantan Timur membentuk The Club Book atau kelompok baca untuk para mahasiswa yang diampunya.

Samarinda – Untuk menyiapkan mahasiswa calon guru berbudaya baca, Arsinah Sadar dosen IAIN Samarinda membentuk “The Club Book” atau kelompok baca untuk para mahasiswanya. Arsinah melatih mahasiswa mempresentasikan hasil-hasil penelitian dan buku yang dibaca.

“Program ini menargetkan membaca buku sebanyak 30 buku, 10 hasil penelitian dan 10 jurnal,” ujar Arsinah. Terlihat berat? Tidak juga. Arsinah memberikan¬† strategi menarik lewat klub buku yang didampinginya.

1. Smile Group: Sebagai langkah awal mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 3 mahasiswa. Setiap kelompok nantinya wajib memiliki 3 judul berbeda. Mereka kemudian dapat belajar bersama, membaca dan berdiskusi lalu di-share di Google Class Room. Dalam platform ini mereka saling berbagi hasil bacaan dalam bentuk resume. Hasil diskusi kelompok dibagikan dalam kegiatan focus group.

2. Focus Group: Kegiatan ini dilaksanakan di kelas, di mana setiap grup akan menyampaikan isi buku. Setiap kelompok menugaskan satu orang di kelompok untuk presentasi kepada kelompok lain yang berkunjung ke kelompoknya.

3. Studi pustaka: Kegiatan ini mengharuskan kelompok membaca 2 skripsi berbeda. Judul skripsi dan hasil diskusi berupa resume dipresentasikan di depan kelas.

4. Membaca Jurnal: Sama seperti kegiatan membaca skripsi, setiap kelompok diharuskan untuk membaca satu jurnal yang berkaitan dengan mata kuliah lalu mendiskusikannya di kelas.

5. Reading Day: Merupakan kegiatan “kampanye membaca” yang dilaksanakan di luar kampus, misal di taman kota. Mahasiswa sangat menyukai kegiatan ini karena dalam kegiatan ini mereka menggelar semacam kegiatan “mini pameran buku”. Setiap kelompok akan membawa 3-5 buku. lalu membuat kegiatan literasi dengan memperkenalkan buku-buku kepada pengunjung taman.

6. Upload dan Share: Selain kegiatan offline, kegiatan literasi juga dilakukan klub baca dengan menggunakan platform media sosial. Setiap kelompok diwajibkan membuat laporan kegiatan mereka dalam bentuk berita atau video, untuk diunggah ke sosial media.

7. Munaqasah: Kegiatan ini merupakan ujian lisan dilaksanakan dosen pengampu untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan isi bacaan selama ini. Kegiatan ini dilaksanakan secara personal pada pertemuan ke 8 saat ujian tengah semester. Dalam kegiatan ini mahasiswa diminta memberikan penjelasan secara rinci dalam setiap pertemuan atau sesi tanya-jawab kepada dosen pengampu melalui telepon atau Google Class Room.

FOKUS PROGRAM