Home Visit, Meneruskan Budaya Baca

Home Visit, Meneruskan Budaya Baca

Kegiatan membaca merupakan hal yang sangat produktif untuk dilakukan oleh manusia. Kegiatan budaya baca perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Tujuanya untuk menumbuhkan semangat membaca dan memperluas wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang. Kegiatan membaca sangat penting bagi anak-anak untuk menanamkan kecerdasan sejak dini. Minat membaca sangat perlu ditanamkan dalam lingkungan keluarga terutama oleh orang tua.

SD Negeri 007 Pasir Belengkong, Kabupaten Paser pada awal tahun 2020 telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Budaya Baca di sekolah. Sekolah mewajibkan membaca kepada seluruh warga sekolah selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Kegiatan membaca dilaksanakan pada Selasa dan Kamis. Disamping itu sekolah juga menyediakan pojok baca di setiap kelas.

Di masa pandemi pembelajaran tatap muka tidak diizinkan. Diganti dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Dengan demikian kegiatan membaca di sekolah 15 menit sebelum pelajaran dimulai harus disesuaikan. Caranya melalui surat edaran dari sekolah yang ditujukan kepada siswa dan orang tua untuk melanjutkan budaya membaca di rumah masing-masing. Harus didampingi orangtua selama 20 menit setiap harinya.

Untuk mengetahui apakah budaya baca siswa SD Negeri 007 Pasir Belengkong selama BDR berjalan di rumah siswa masing-masing khususnya kelas tinggi, sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan guru kelas mengadakan home visit ke rumah siswa.

Dengan mengadakan home visit tentang budaya baca ke rumah siswa, orang tua siswa sangat antusias mendampingi putra-putrinya. Di antaranya orang tua Fadil Aditya, Nabila Nurul Oktavia, Nazril Saputra siswa kelas IV, Galih Aditya Pratama, Assa Nailurrahma siswa kelas V.

Pihak sekolah sekaligus menyampaikan kepada orang tua untuk selalu mendampingi putra-putrinya setiap hari dalam membiasakan membaca buku. Buku apa saja. Setiap hari selama 20 menit.
Meminta kepada orang untuk menyiapkan buku bacaan yang menarik. Sekolah meminta kepada anak-anak untuk membuat resume dari hasil membaca dan dikirimkan lewat WA group. Siswa membuat video dari hasil membaca juga dikirim lewat WA group kelas masing-masing.

“Dengan membaca saya sebagai siswa SD Negeri 007 Pasir Belengkong akan semakin paham dari semula yang belum paham tentang pentingnya membaca. Dengan membaca secara rutin, saya banyak mengetahui apa yang sebelumnya belum diketahui dengan membaca saya bertambah wawasan,” kata Assa siswa kelas V.

Siti Isti Amah, orang tua Assa menambahkan, dengan mendampingi anak membaca dia mengaku mendapat informasi yang sangat penting. Sehingga dia juga tidak ketinggalan informasi dalam mendampingi anak di rumah.

Dampak dari hasil home visit ke rumah siswa memantau budaya membaca. Di antaranya adalah siswa terbiasa membaca setiap hari. Orang tua memfasilitasi kegiatan membaca anaknya, menambah kosakata, memiliki keterampilan menulis, membuat resume dari hasil kegiatan membaca.

Selain itu, anak dibantu oleh orang tua bisa membuat video sederhana dari kegiatan membaca. Karena emiliki koleksi buku di rumah masing-masing sesuai kemampuan orang tua. Pengetahuan anak makin berkembang dari kegiatan terbiasa membaca.

Dengan kegiatan terbiasa membaca, keterampilan anak dalam berkomunikasi lebih meningkat. Karena telah memiliki kosakata yang banyak, mudah mengenal konsep, imajinasi dan kreatifitas meningkat, dan dapat meningkatkan prestasi akademiknya.

FOKUS PROGRAM