Belajar Daring Menyenangkan dengan Bandicam

Belajar Daring Menyenangkan dengan Bandicam

Belajar menyenangkan, itulah yang dituntut anak-anak dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring di SDN Adiarsa Timur 1 Karawang, Jawa Barat di masa pandemi ini. Menyenangkan dari sisi metode pembelajaran hingga media atau aplikasi yang digunakan.

Tuntutan anak-anak itu sangat wajar karena dunia mereka masih bermain. Kondisi ini mendorong kolaborasi guru pamong, dosen pendamping lapangan, dan mahasiswa program profesi pendidikan guru (PPG) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengembangkan bahan ajar yang mendukung kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak di sekolah dasar.

Buat video pembelajaran

Para guru membuat bahan ajar dengan memanfaatkan aplikasi Bandicam. Harapannya dapat mempermudah anak memahami materi belajar yang disampaikan gurunya dengan suasana lebih menyenangkan.

Media pembelajaran ini merupakan pengembangan materi pembelajaran berbasis IT. Bandicam memungkinkan guru untuk melakukan perekaman video pembelajaran yang dipadukan dengan presentasi Power Point.

“Bandicam juga sangat membantu guru dalam mengajar, karena melalui aplikasi ini guru menjadi lebih kreatif dalam membuat bahan ajar untuk pembelajaran,” ungkap Lola Lovita Sary, salah seorang mahasiswa PPG UPI dari Sukabumi.

Beberapa tahap yang harus dilakukan untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan Bandicam:

1.Merumuskan konsep dengan menulis naskah dan menyiapkan materi dalam bentuk file Power Point.

2.Mempersiapkan peralatan dan properti untuk proses rekaman.

3. Menata tempat rekaman agar lebih kondusif dan melakukan simulasi.

4. Setelah selesai merekam, lanjutkan ke penyuntingan sampai publikasi video.

5. Jangan lupa untuk meminta umpan balik siswa.

Banyak manfaat

Video pembelajaran dapat membantu siswa secara konkrit untuk memahami pembelajaran. Siswa dapat melihat suatu proses dengan cepat atau lambat, siswa juga dapat melihat gambar dari beberapa sudut serta meningkatkan kognitif, afektif, dan juga psikomotorik.

Video pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan juga kemandirian siswa dalam belajar. Selain itu, video pembelajaran dapat melatih kreativitas serta meningkatkan personal branding para guru.

“Ada gambar-gambar kartun yang lucu dan juga ada wajah ibu guru dalam videonya, itu membuat rasa kangen aku terobati,” ungkap Zihanni, salah seorang siswa kelas 2 SDN Adiarsa Timur 1 Karawang. Hal tersebut membuktikan bahwa aplikasi Bandicam sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan keberhasilan pembelajaran secara daring.

Oleh Dede Denti Kurnia, Guru Pamong Universitas Pendidikan Indonesia dan Mitra Program Pintar Tanoto Foundation

FOKUS PROGRAM