Belajar Bahasa Inggris dengan Aplikasi Smartphone Natural Reader

Belajar Bahasa Inggris dengan Aplikasi Smartphone Natural Reader

Para siswa SMPN 19 Batang Hari menggunakan aplikasi Natural Reader. Melalui aplikasi ini siswa berkesempatan mendengarkan langsung suara native speaker kata per kata dalam bahasa Inggris.

Para siswa SMPN 19 Batang Hari menggunakan aplikasi Natural Reader. Melalui aplikasi ini siswa berkesempatan mendengarkan langsung suara native speaker kata per kata dalam bahasa Inggris.

Oleh Dedi Hendriyanto, S.Pd, Guru Bahasa Inggris SMPN 19 Batanghari

Batang Hari, Jambi – Hampir semua kalangan menggunakan gawai (smartphone) dan aplikasi yang terdapat di dalamnya, termasuk siswa saya di kelas IX.3. Hal itu yang membuat saya tertarik untuk memanfaatkan aplikasi gawai dalam pembelajaran bahasa Inggris. Saya menggunakan aplikasi bernama Natural Reader. Aplikasi ini untuk melatih siswa mengucapkan kata dalam bahasa Inggris. Natural Reader adalah aplikasi yang digunakan untuk mengubah teks menjadi ucapan dengan bunyi suara manusia.

Kompetensi yang ingin dicapai dengan menggunakan aplikasi ini yaitu tentang menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks: interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya. Melalui aplikasi Natural Reader ini, siswa diharapkan bisa lebih percaya diri, semangat, dan termotivasi berbicara dalam bahasa Inggris.

Saya memulai pembelajaran dengan memberi salam, mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi, serta menyampaikan topik bahasan sekaligus tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Saya membagi siswa ke dalam enam kelompok yang beranggotakan 3 atau 4 siswa. Kemudian saya memperkenalkan aplikasi Natural Reader. Saya meminta siswa meng-install aplikasi tersebut di gawainya masing-masing.

Setelah aplikasi terpasang, saya menjelaskan beberapa simbol, fungsi simbol, dan cara mengoperasikan aplikasi Natural Reader tersebut. Siswa terlihat antusias latihan menggunakan aplikasi. Ketika mereka menemukan kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi, siswa langsung bertanya kepada saya. Siswa sangat senang ketika mereka mendengarkan suara native speaker dari aplikasi Natural Reader.

Siswa bisa mendengarkan suara native speaker melalui aplikasi Natural Reader.

Setelah siswa memahami cara memakai aplikasi Natural Reader, saya menjelaskan materi ungkapan ucapan selamat. Saya memberi contoh percakapan singkat kepada siswa dan meminta mereka untuk mendengar dan menirukan cara pengucapan kata atau kalimat dari percakapan tersebut dari aplikasi Natural Reader. Siswa mendengarkan suara di gawai mereka dan berlatih bermain peran dengan menggunakan aplikasi.

Setelah itu saya mendistribusikan daftar kata (vocabulary list) dan kalimat terkait ungkapan ucapan selamat kepada siswa. Bahan ini untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari sehingga mereka dapat menggunakan kata tersebut dalam penampilan kelompok ketika presentasi. Siswa secara berpasangan mengucapkan daftar kosa-kata bahasa Inggris tersebut dengan bantuan aplikasi Natural Reader. Kemudian secara individu siswa bergantian mengucapkan kosa kata tersebut di depan kelas.

Kegiatan selanjutnya siswa dalam kelompok diberikan dua potongan kertas berisi situasi percakapan. Mereka diminta untuk membuat percakapan singkat secara berpasangan tentang membuat ataupun merespon ucapan selamat berdasarkan situasi yang diberikan.

Setelah selesai membuat dan latihan mengucapkan percakapan singkat yang telah dibuat berdasarkan situasi yang ada. Mereka bekerja dengan potongan kertas di kelompok kecil. Kemudian secara acak siswa diminta untuk bermain peran berdasarkan percakapan yang telah mereka buat.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengucapkan ungkapan selamat sesuai dengan materi yang dipelajari. Saya memberikan kesempatan siswa lain untuk berkomentar ataupun memberi saran kepada kelompok presenter.

Sebagai penutup, saya memberi penguatan materi dan melakukan refleksi. Kemudian bertanya tentang kesulitan yang dihadapi ketika belajar dan materi apa saja yang sudah mereka pahami.

FOKUS PROGRAM